Learning is fun


Kenapa belajar terasa berat sekali di lakukan terutama pelajaran yang mengunakan hitung-hitungan seperti matematika dan kimia?apakah karena pelajarnnya memang sulit atau kita yang berpikir pelajaran itu sulit atau juga para pengajarnya yang mebuat pelajaranini sulit di pahami, yang pasti menurut saya semuah pendapat itu memiliki nilai kebanaran yang berbeda bagi tiap individu pelajar sebab ada saja yang menggagap pelajran itu mudah baginya padahal itu sulit bagi kebanyakan pelajar lain.

Tapi tak biasa di pungkiri bahwa peran sentral tetaplah berada di tangan guru, karena dari tangan dialah meteri demi materi pelajaran di terima, seringkali para pengajar lupa kepada siap mereka mengajar, mereka lupa bahwa kemampuan menerima pelajaran berbeda dari tiap murid-muridnya, bukankah ada anak-anak yang cenderung mudah menerima pelajaran dengan metode visual atau audiotorial atau juga kinestetik. Banyak PaRA PENGAJAR hanya menggunakan satu metode saja yang kadang metode itu terbukti gagal mencetak murid berprestasi, apa karena pengajar cenderung menyalahkan muridnya bila mereka mandapat nilai jeblog, padahal bisa saja yang salah adalah pengajarnya yang tak mampu dengan baik membawakan materi pebelajarannya.

Namun jelas salah juga bila yang disalahkan hanya para pengajar, para murid juga memiliki peran dalam kegagalan dirinya dalam memahami pelajaran, sering kali para murid tak mempunyai kemauan yang kuat untuk memahami pelajaran tersebut, mereka mengkaji karena terpaksa mengikuti kurikulum yang berlaku, jelas apa-apa yang terpaksa takan berbuah dengan baik.

Dalam dunia computer klasik ada sebuah system yang bernama KISS atau kepp is simple stupid, yaitu system yang berguna agar apa pun variasi dari system ini, di harapkan tetap mudah untuk di gunakan oleh semuah orang bukan hanya para ahli komputer tapi juga orang yang baru belajar menggunakan computer. Andai para ahli computer membuat computer sulit pasti takan banyak orang yang mau mempelajarinya.

Dari system itulah seharusnya dunia pendidkan belajar, seaharusnya para pendidik mencari cara agar materi yang dibawanya mudah di pahami sehingga para pelajar mudah menggunakannya dan berminat untuk mengeksplorasi lebih jauh dan menjadikan proses belajar mengajar menyenangkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Iklan