budaya kritis


Mebangun adalah kegiatan berlelah-lelah untuk membuat susuatu seperti yang kita inginkan menurut saya, secara garis besar bangsa kita belum biasa berbudaya berpikir kritis, berpikir kritis dianggap nyelneh bagi generasi yang tidak biasa dan belum mengerti hakikat dari berpikir kritis.
Sesorang yang berpikir kritis dianggap anti kepada masyarakat padahal budaya kritis lahir dari keingin tahuan seseorang terhadap sesuatu yang dianggap nilai kebenaran masyarakat, menurut saya bukanlah sebuah dosa bila seseorang  bersikap kritis kepada kayakinan masyarakat , tapi lagi-lagi ini tantangan bagi seseorang untuk bisa berpikir arif dimana dia harus bersikap lembut dan dimana dia dapat bersikap kritis. Lagi-lagi kita harus mampu bersikap kritis juga kepada diri sendiri, jangan samapai kita hanya bersikap kritis kepada nilai yang dianut oleh masyarakat tapi kita tak mampu untuk bersikap kritis terhadap diri sendiri.
Bersikap kritis terhadap diri sendiri mungkin adalah sesuatu sangat sulit karena seseorrang harus jujur mengakui kekurangan yang dia miliki, dan dia harus bersikap jujur kalau dia salah dan mau berubah bila nilai yang dia anut itu salah.
Secara garis besar seorang yang bersikap kritis  bukan hanya harus mampu mengoreksi orang lain tapi juga harus mampu mengoreksi dirinya.
Tidak ada satu bangsa yang mampu memadamkan semangat juang bansa terjajah untuk merebut kembali kemerdekaannya
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Iklan