Belanja online belanja cerdas


Hai sobat....
Beberapa hari yang lalu, sahabat saya bercerita tentang pengalaman dia berbelanja  online, dia kecewa dengan barang yang dikirim, yang menurut dia tidak sama dengan yang di pajang.
Mungkin itu juga yang menimpa banyak pembeli online lainnya yang juga menyebabkan banyak yang tidak mau menggunakan pembelian barang via online.
Dari sini kita dapat garis bawahi, bahwa banyak pembeli dari indonesia yang tidak mau menggunkan jasa  internet karena beberapa alasan,
Diantara alasan yang paling sering di lontarkan adalah kecewa dengan barang yang dikirim dan satu lagi barang tidak dikirim.
Dari kedua alasan tersebut sebenarnya ada beberapa hal yang menurut saya sebagai seorang pembisnis online perlu dilakukan edukasi kepada para pembeli via online
Pertama edukasi tentang kualitas barang
Berbeda dengan penjualan offline yang barangnya bisa diraba, dirasa, dan diterewang, penjualan via online hanya bisa memajang gambar dan spesifikasi barang, nah ini yang jadi masalah, banyak dari pembeli tidak mengerti tentang spesifikasi barang
Sebagai contoh misalnya kaos, yang dipajang di internet hanyala gambar dan spesifikasi bahannya catton 100% ukuran L.
Ketika pembeli tidak mengetahui bagaimana kaos catton 100%, maka dijamin 100% pembeli itu akan kecewa.
Maka tak heran apabila dikatakan belanja online adalah belanja cerdas, karena kita dituntut untuk cerdas dalam mengetahui jenis spesifikasi bahan.
Beda lagi apabila barang yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi dengan yang dipajang itu namanya penipuan dan merupakan pelanggaran tindak pidana.
Kedua edukasi sistem pengiriman
Pengiriman adalah hal yang paling krusial dalam bisnis online, banyak pelanggan yang merasa kecewa dengan belanja via online karena barang yang tidak kunjung datang
Padahala kebanyakan dari permasalahan pengeriman adalah karena alamat yang diberikan pelanggan tidal valid atau ada salah penulisan dan tidak meninggalkan nomor yang bisa di hubungi.
Beda hal apabila penjual tidak mengirimkan barang yang sudah di beli, lagi-lagi itu adalah tindak kriminal.
Dan sekelai lagi bahwa belanja via online akan menjadi tren di masa depan, karena itu bagi para calon pembeli sebaiknya melakuakan update secara rutin pengetahuannya tentang spesifikasi barang yang ingin dibelinya dan bagi pembisnis online juga diharapkan rajin-rajin melakuakan edukasi kepada masyarakat, agar tercapai saling rido diantara penjual dan pembeli.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Iklan